Review, Spesifikasi dan Harga Sony A7C Kamera Mirrorless Full Frame terkecil

Review, Spesifikasi dan Harga Sony A7C Kamera Mirrorless Full Frame terkecil – Kalian pasti mengira bahwa kamera dengan sensor Full Frame pasti akan memiliki Body yang cukup besar dan berat, tapi tidak dengan kamera yang baru saja di umumkan oleh Sony, Sony A7C membawa gebrakan baru dengan body yang compact dan ringan sehingga memudahkan fotografer dalam melakukan pemotretannya.

Apakah Sony A7C merupakan penerus Sony A7III? Jawabannya tidak, Kamera ini merupakan seri terbaru dari lini A7 dengan Kode C yang bisa di artikan sebagai Compact atau dengan konsep terbaru dengan mengutamakan ukuran yang kompak.

Desain Sony A7C

Kamera Sony A7C ini meskipun berukuran yang kecil, tetapi penggunaan material yang ada terkesan lebih kokoh karena dilapisi dengan Magnesium Alloy dan kontruksi monocoque. Pegangan atau grip dari kamera ini lebih kecil daripada kamera Sony seri A7 lainnya, Grip kamera ini lebih mirip dengan kamera seri a6000.

Review, Spesifikasi dan Harga Sony A7C Kamera Mirrorless Full Frame terkecil
Desain Kamera Sony A7C Ringkas dan Kompak

Tombol dan dial yang ada dikamera ini dirancang untuk digunakan dengan satu tangan, karena semua tombol bisa sangat mudah dijangkau oleh tangan kanan.

Perbedaan Sony A7III dengan Sony A7C ini adalah tombol AF-On yang ada di kamera A7C lebih besar, dan mempunyai dua dial yang ditempatkan di belakang, serta memiliki dial kompensasi exposure, dan hanya memiliki satu tombol custom (c) saja dibanding sony A7III yang memiliki empat tombol custom.

Beberapa perbedaan lagi antara sony A7C dengan A7III diantaranya posisi slot memori kini berganti posisi di kiri kamera bersama port MIC dan Micro HDMI port. Mode dial sony A7C ini berubah sedikit, yaitu dimana mode M atau manual sekarang berjejer dengan mode Video Sehingga jika kamu sering berubah ke mode foto ke video akan lebih mudah lagi untuk mengoperasikannya.

Review, Spesifikasi dan Harga Sony A7C Kamera Mirrorless Full Frame terkecil

Sony A7C memiliki pengaturan menu yang sama dengan seri A6xxx atau seri A7XX. Layar LCD yang digunakan di kamera ini memiliki teknologi Articulating dimana LCD bisa diputar ke segala arah. Layar juga bisa disentuh untuk bisa memilih area fokus namun sayangnya tidak bisa digunakan untuk memilih menu.

Lensa baru

Lensa yang dirancang khusus untuk Sony A7C merupakan lensa FE 28-60mm f/3.5-5.6 yang benar benar baru untuk menemani kamera dengan ukuran yang ringkas. Meskipun lensa ini ukurannya kecil dan terbuat dari bahan plastik, tetapi lensa ini memiliki fitur weathershield (Dust & Moisture Resistant)

Lensa ini memiliki kualitas dengan baik, mampu menangkap detail yang cukup baik untuk sekelas lensa kit. Optik dari lensa ini jauh lebih baik daripada lensa kit Sony E 16-50mm. sayangnya lensa ini tidak memiliki stabilizer (OSS)

Sony A7C memiliki kualitas gambar yang mirip dengan Sony A7III, Hal itu disebabkan karena sensor yang digunakan di kedua kamera tersebut sama. Sensitivitas ISO di kamera ini juga terbilang cukup baik, walaupun menggunakan iso yang cukup tinggi hasil yang dihasilkan masih terbilang clean dari noise.

Fitur Stabilizer Gambar

Kamera ini bisa dibilang kecil – kecil tapi gahar berkat beberapa fiturnya yang terlihat garang. salah satunya yaitu fitur Stabilizer Gambar. Sony A7C memiliki built-in stabilizer (Steadyshot) 5-Axis yang bisa membantu kamu saat memotret dengan shutter speed lambat atau digunakan untuk merekam video handhled.

Fitur stabilizer di kamera ini jika digunakan untuk merekam video dengan posisi diam, video yang dihasilkan akan stabil, tetapi jika dalam posisi bergerak atau berjalan video masih akan tampak bergoyang. untuk mengatasi hal tersebut kamu masih perlu menggunakan gimbal. untungnya kamera ini memiliki bobot yang ringkas sehingga kamu tidak perlu menggunakan gimbal yang besar.

Satu hal yang cukup menarik di kamera Sony adalah ada alternatif alat yang bisa digunakan untuk menstabilkan video yaitu dengan menggunakan software khusus bernama Catalyst Browse. Software ini mampu mencatat gyro sensor dari kamera yang akan menstabilkan video tetapi akan mengalami crop. besar dari crop tersebut tergantung dari seberapa stabil video yang kamu rekam.

Autofokus

Untuk autofokus di kamera ini mengikuti sistem AF dari kamera A7S III, dimana lebih bagus ketimbang AF Sony A7III, Misalnya pada saat merekam video 4K bisa mendeteksi wajah. Selain itu kini tombol AF-ON bisa difungsikan untuk mengunci fokus dan juga bisa untuk mengaktifkan tracking objek. Sehingga dengan hal tersebut akan mempermudah pada saat mengikuti objek untuk foto atau video.

Kelebihan dan kekurangan Sony A7C

Di setiap produk digital pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitupula dengan Sony A7C ini. dan berikut ini kelebihan dan kekurangan dari kamera sony A7C :

Kelebihan :

  • Ringan dan berukuran kompak untuk kamera bersensor full frame
  • memiliki sistem autofokus paling terbaru, setara dengan kamera Sony A7S III
  • Kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik.
  • Body terlindungi dengan manesium alloy yang memberikan kesan kokoh
  • Memiliki in-body image stabilitation 5-axis
  • Baterai yang tahan lama

Kekurangan :

  • Viefinder atau jendela bidik berukuran kecil
  • Menu setting pada kamera masih menggunakan ui lama
  • touchscreen pada layar kamera hanya untuk area fokus saja
  • Grip pada kamera tidak sebaik kamera Seri A7 lainnya.

Spesifikasi Sony A7C

Spesifikasi LengkapSony A7C
Dimensi124mm x 71,1mm x 59,7mm
Bobot509 gram
Ukuran sensorFull-frame sensor
Jenis sensorBSI CMOS
Resolusi sensor24MP
ProsesorBionz X
ISOHingga 51.200
Layar921K dot touchscreen
View finder2,36 juta dot EVF
Built-in flashTidak ada
Continuous shot10 fps
Video4K video hingga 30p, 8-bit S-Log dan HLG
KonektivitasUSB, Wi-FI
Daya baterai740 jepretan

Harga Sony A7C

Setelah melihat spesifikasi dari Sony A7C di atas, tentu sebagian dari kalian ingin membelinya kan? nah rencananya sony A7C ini akan di bandrol dengan harga 1.799 dollar AS atau sekitar Rp 26,7 juta untuk versi body only nya. Dan untuk versi dengan lensa Kit FE 28-60mm dijual seharga 2.100 dollar AS atau sekitar 31,1 juta.

Secara Keseluruhan kamera Sony A7C ini cocok digunakan untuk fotografer dan videografer yang menginginkan kamera full frame dengan bentuk body yang kecil dan ringkas, untuk bisa merekam semua situasi.

Tinggalkan Balasan