Pengertian Fotografer dan fotografi yang wajib pemula ketahui – Banyak di antara kalian pasti pernah menganggap bahwa fotografi dengan fotografer adalah sama. Padahal kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Fotografi sendiri merupakan sebuah aktivitas sedangkan fotografer adalah orang yang melakukan aktivitas tersebut. Kedua hal tersebut sangat berkaitan dengan erat, sehingga wajar bagi orang awam menganggap kedua hal tersebut sama (Fotografer dan Fotografi).

Sebenarnya hal tersebut sangatlah mudah untuk kita bedakan, nah di artikel ini kita akan belajar bersama mengenai perbedaan Fotografi dan Fotografer.

Banyak orang yang tidak mengerti tentang fotografi (Awam masalah Fotografi) ingin mengetahui tentang pengertian fotografi dan fotografer.

Salah satu pertanyaan yang menarik adalah, apakah seorang yang memegang kamera disebut seorang fotografer? dan memotret dengan menggunakan ponsel apakah salah satu aktivitas dalam berfotografi? Kedua hal tersebut cukup membuat bingung, bagi teman-teman yang baru belajar tentang fotografi.

Apa itu Fotografi? Fotogarfi adalah?

Perbedaan Fotografer dengan Fotografi - black and silver film camera on brown wooden surface
Photo by Tirachard Kumtanom on Pexels.com

Pengertian Fotografi

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Fotografi diartikan sebagai sebuah seni yang menghasilkan gambar dan cahaya dari film atau permukaan yang dipekakan.

Sedangkan menurut Wikipedia, Fotografi ini merupakan kata atau kalimat yang diambil dari bahasa Inggris yaitu “Photography” dimana kata tersebut berasal dari bahasa yunani, “Photos” dan “Grafo”, dimana Photos berarti Cahaya dan Grafo yang berarti melukis atau menulis.

Sehingga fotografi adalah proses melukis atau menulis dengan cahaya. Sederhananya, Fotografi adalah proses menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek atau benda dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek pada media yang peka dengan cahaya.

Sedangkan menurut fotografer Elliott Erwitt, Dia berkata bahwa fotografi merupakan sebuah seni observasi, dimana menemukan suatu hal yang menyenangkan di tempat tempat yang biasanya. Hal itu tidak ada hubungannya dengan hal yang kamu lihat dan semua itu harus dilakukan dengan cara kamu yang melihat mereka.

Menurut Ansel Adams, beliau mengatakan bahwa fotografi adalah sebuah media untuk berekpresi dan berkomunikasi, yang menawarkan berbagai persepsi, interpretasi dan eksekusi yang tak terbatas.

Selain itu fotografer profesional asl indonesias, Yudhi Soerjoatmodjo turut mengungkapkan bahwa fotografi menurut beliau merupakan sebuah media dan alat dialog, dan fotografi juga dapat dilihat dari fungsi, Berfungsi sebagai Dokumentatif, Informatif dan juga bagian dari sebuah seni.

Berdasarkan pengertian fotografi di atas, bisa kita simpulkan bahwa fotografi adalah sbuah aktivitas mengambil gambar dengan bantuan kamera untuk bisa menghasilkan sebuah karya seni yang bisa dinikmati untuk diri sendiri atau publik.

Dan untuk menghasilkan sebuah karya foto tersebut, seorang fotografer biasanya menggunakan teknik – teknik fotografi, Baca : 10 Teknik Komposisi fotografi yang wajib diketahui oleh Pemula! selain teknik dalam fotografi, juga terdapat genre di dalam fotografi, kamu bisa baca : 10 Jenis Genre Fotografi yang paling banyak diminati 2020.

Perbedaan Fotografer dengan Fotografi - monochrome photography of person taking photo of a woman
Photo by Gustavo Borges on Pexels.com

Selanjutnya, kita akan membahas tentang pengertian Fotografer.

Pengertian Fotografer

Seperti yang saya tulis di awal artikel, bahwa pengertian fotografer secara umum dapat diartikan sebagai seseorang yang melakukan aktivitas fotografi. namun pengertian ftgrafer sebenarnya lebih kompleks lagi jika dilihat dari kegiatannya sebagai fotografer profesional atau hanyalah seorang penghobi saja.

Kita akan membahas pengertian Fotografer dalam artian Profesional terlebih dahulu, Fotografer dalam arti Profesional, mengacu pada seseorang yang bekerja dengan serius dan cenderung mendalami pekerjaan tersebut. Sehingga gambar atau foto yang dihasilkan oleh seorang fotografer bisa memiliki harga jual yang tinggi, karena fotografer profesional tidak hanya melihat dari sisi angle tetapi juga dari sisi seni yang dihasilkan.

Sedangkan fotografer dalam artian Hobi, adalah seorang fotografer yang menyukai aktivitas fotografi namun tidak terlalu memperhatikan segi kesenian dalam berfotografi. Pada umunya fotografer hobi, lebih mementingkan foto yang menarik (Eye Catching), fotografer hobies juga biasanya akan fokus untuk membagikan hasil gambarnya ke publik lewat media sosial.

Melihat pengertian kedua fotografer tersebut menjadikan fotografer tidak hanya dilihat dari pengertiannya saja melainkan juga kegiatan yang dilakukan di lapangan.

Fotografer dan fotografi sebenarnya cukup mudah untuk dibedakan, jika melihat dari kedua penjelasan di atas.

Tinggalkan Balasan