Apa yang dimaksud dengan komposisi Rule of third dalam Fotografi? Rule of third Photograpy adalah?

Mungkin banyak teman-teman yang sedang belajar fotografi bertanya tanya soal itu. Nah kemaren saya sudah memposting 10 Teknik komposisi dalam Fotografi, sekarang saya akan menjabarkan satu persatu komposisi tersebut. Dimulai dari Komposisi Rule of thirds terlebih dahulu.

Pengertian Rule Of Third

Komposisi Rule of Thrids adalah salah satu atau bahkan komposisi yang paling banyak digunakan oleh para fotografer professional, Komposisi ini menjadi pondasi atau dasar bagi kalian yang ingin belajar tentang fotografi.

Di dalam banyak nya aturan atau prinsip dalam fotografi, Rule of Thirds menjadi salah satu aturan komposisi yang wajib kalian tau. Kamu tidak wajib untuk mengikuti atau menerpakan aturan tersebut, tetapi untuk menjadikan foto kamu lebih terlihat kreatif, bayak fotografer menyarankan untuk mengetahui terlebih dahulu aturannya baru bisa menyanggahnya.

vicinema.my.id – Pengertian Rule of thirds

Di dalam dunia Visual terutama Fotografi, terdapat dua jenis komposisi, yaitu komposisi Statis dan Komposisi Dinamis.

Komposisi Statis (Dead Center) merupakan komposisi yang menempatkan objek atau subjek di tengah frame kamera.

Komposisi Statis ini dapat kamu gunakan untuk menciptakan kesan, Tenang atau tentram, Elegan atau bahkan sedih.

Dan komposisi Dinamis merupakan komposisi yang menempatkan suatu objek atau subjek yang cenderung berat sebelah (Objek di bagian pinggir kanan kiri, Di bagian atas atau bawah).

Dengan menggunakan komposisi ini kamu bisa menciptakan kesan Bergerak, riang atau dinamis.

Nah untuk lebih memudahkannya lagi, terdapat sebuah arahan atau pedoman yang lebih disederhanakan yang disebut dengan “Rule Of Thirds” dimana frame atau bidang foto akan di bagi menjadi tiga bagian, baik secara vertikal ataupun horizontal.

Yang nantinya akan menghaslikan 9 bagian dan 4 titik pertemuan atau perpotongan. 4 titik itu disebut “Golden Section”

Dengan aturan ini, kita akan mendapatkan komposisi yang pas dan enak dilihat oleh mata.

Pengertian Komposisi Rule Of Third dalam Fotografi 2020
Rule of third pengertian

Dalam teori yang saya baca, ketika subjek di tempatkan di salah satu titik perpotongan tersebut, maka foto akan menjadi lebih menarik dan juga akan lebih seimbang.

Di dalam dunia desain disebutkan bahwa ketika melihat sebuah gambar, mata manusai secara alami akan melihat atau tertuju pada salah satu titik di atas dibanding dengan titik di tengah-tengah foto.

Jadi ketika foto yang disusun atau diatur dengan komposisi rule of thirds maka akan lebih enak dilihat karena selaras dengan cara mata melihat suatu gambar.

Pengertian Komposisi Rule Of Third dalam Fotografi 2020
https://thelenslounge.com/photography-composition-rule-of-thirds/
Pengertian Komposisi Rule Of Third dalam Fotografi 2020
https://thelenslounge.com/photography-composition-rule-of-thirds/

Bagaimana Cara meletakan Kompoisi Rule of thirds di dalam sebuah foto?

Dalam belajar aturan atau prinsip komposisi rule of third ini, ada tiga hal yang harus kamu ingat sebelum kamu memotret :

  1. Yang pertama, siapa atau apa Subjek atau Objek dari foto yang mau kamu potret. Tetapkan subjek atau pelaku utama yang ingin kamu tonjolkan di dalam foto.
  2. Yang kedua, bagi frame di layar kamera kamu atau viewfinder menjadi persimpangan seperti gambar di atas.
  3. Yang ketiga tentukan di titik mana objek utama di tempatkan.

Nah itulah artikel tentang pengertian Rule Of Thirds dalam fotografi.

Perlu di ingat Rule of Thirds, hanya sebuah panduan, dan bukanlah sebuah aturan yang baku. Kamu tidak dituntut untuk menerapkan aturan tersebut, karena akan membatasi ruang lingkup kamu dalam menghasilkan karya dan kreatifitas.

Satu lagi komposisi hanyalah soal rasa sehingga tidak ada aturan yang boleh membatasinya. Tetapi jika kamu ingin belajar lebih dalam soal fotografi maka Komposisi ini wajib kamu ketahui.

Tinggalkan Balasan